"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian" by Pramoedya Ananta Toer

Cara membuat kutipan di area catatan kaki (footnote) dengan mendeley cite

Mungkin beberapa dari kita pernah mengalami kebigungan, ketika tidak bisa membuat kutipan di area catatan kaki (footnote) dengan menggunakan mendeley cite. Hal tersebut, dikarena, ketika pertama kali Mendeley Cite v1.28.0 dirilis pada tanggal 6 Mei 2021 untuk menggantikan plugin mendeley di word, mendeley cite masih banyak kekuranganya jika dibandingkan dengan plugin mendeley di word, salah satunya adalah mendeley cite belum mendukung untuk membuat kutipan di area catatan kaki. sehingga penggunaan plugin mendeley untuk word belum bisa tergantikan dengan mendeley cite, terutama dalam membuat kutipan di area catatan kaki.

Barulah kemudian ketika mendeley cite v1.62.0 rilis pada tanggal 26 September 2023 lalu, sudah mendukung untuk membuat kutipan di area catatan kaki, namun pada versi tersebut masih sering terjadi eror ECITE40001, kemudian disempurnakan pada pada versi 1.62.1, dan sekarang di versi mendeley cite v1.63.0, sudah mulai mendukung untuk pembuatan kutipan di area catatan kaki dan terkait dengan eror yang sering terjadi sudah tidak ada lagi. 

Dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana membuat catatan kaki dengan menggunakan mendeley cite versi 1.63.0. Dalam membuat kutipan di area catatan kaki, ada beberapa style yang bisa digunakan

  • Turabian 8th edition (full note, no ibid)
  • Turabian 8th edition (full note)
  • Turabian 9th edition (full note)
  • Chicago Manual of Style 17th edition (full note) 
  • Chicago Manual of Style 17th edition (full note, with Ibid.)
  • Modern Language Association 6th edition (note)

Bagaimana membuat catatan kaki dengan menggunakan mendeley cite?

untuk memulai membuat kutipan di area catatan kaki, terlebih dahulu kita pastikan, bahwa kita sudah menginstall mendeley cite di word, jika belum silakan install terlebih dahulu dan jika sudah, maka silahkan klik menu “references” pada word, kemudian pilih menu “mendeley cite” dan pilih menu “citation settings”.

Tampilan mendeley cite

Kemudian tentukan terlebih dahulu citation style yang akan digunakan, dengan cara klik “change citation style”, kemudian kita pilih salah satu dari beberapa style di atas yang biasa digunakan untuk membuat kutipan di arean catatan kaki. Jika kita kita tidak menemukankan style yang diinginkan tersebut, sebaiknya scroll mouse ke bawah, kemudian klik menu “serach for another style”, selanjutnya ketikan nama style yang ingin digunakan, kemudian pilih dan klik menu "update citation style"

Tampilan menu update citation style

Setelah kita menentukan citation style, selanjutnya klik menu “References” pada mendeley cite, kemudian barulah, kita bisa menggunakan mendeley cite untuk membuat kutipan di area catatan kaki. 

Tampilan reference pada mendeley cite

Jika dibandingkan dengan penggunaan plugin mendeley di word, penggunaan medeley cite lebih mudah dan praktis. 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Buku (1) DDC (1) Greenstone (1) Jurnal (6) Mendeley (3) Pendidikan (14) Perpustakaan (15) Puisi (1)

Recent Posts

Pengunjung