"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian" by Pramoedya Ananta Toer

Nomor Klasifikasi Baru untuk Subjek Perubahan Iklim

Sekarang, buku dengan subjek “perubahan iklim” telah banyak memenuhi rak Perpustakaan. Dari hasil penelusuran di OPAC Perpustakaan Nasional dengan menggunakan kata kunci “perubahan iklim” ditemukan 3736 judul buku. Sebagian besar buku tersebut diklasifikasi kedalam nomor klasifikasi 551.6 dan 363.73874. Jika yang belum tahu, perbedaan tersebut didasarkan pada pembahasan buku tersebut, apakah pembahasannya secara interdisiplineri atau komprehensif, maksudnya untuk koleksi tentang subjek "perubahan iklim" yang dibahas secara komprehensif dalam disiplin ilmu pengetahuan alam maka nomor klasifikasi yang digunakan adalah 551.6, sedangkan jika koleksi tersebut dibahas secara interdisiplineri maka nomor klasifikasi yang digunakan adalah 363.73874 tentang pemanasan global. Sekarang, penggunaan nomor klasifikasi 363.73874 untuk subjek "perubahan iklim" tersebut telah diusulkan oleh Alex Kerios untuk dirubah pada pertemuan tahunan DDC EPC 114.

Tampilan OPAC Perpustakaan Nasional

Pada tanggal 12-14 Juli 2023 telah berlangsung pertemuan tahunan komite kebijakan editorial DDC 144 atau DDC Editorial Polily Committee (EPC) 144. DDC EPC adalah komite gabungan internasional OCLC dan ALA yang beranggotakan sepuluh orang. DDC EPC merupakan badan penasihat yang mewakili pengguna DDC untuk membuat rekomendasi kepada OCLC sehubungan dengan kebijakan editorial DDC. Jadi ketika ingin mengusulkan perubahan terkait dengan DDC, bisa mengajukan usulan tersebut melalui DDC EPC dengan cara mengirimkan proposal usulan perubahan. Dalam pertemuan DDC EPC tahun 2023, salah satu usulan perubahan yang dibahas dan disetujui adalah terkait dengan “perubahan iklim”.

Dalam usulannya, Alex Kerios menjelaskan pengertian perubahan iklim dengan mengutip Wikipedia. Adapun yang dimaksud perubahan iklim dalam Wikipedia adalah modifikasi iklim bumi secara berkala yang diakibatkan oleh perubahan atmosfer serta interaksi antara atmosfer dan berbagai faktor geologi, kimia, biologi, dan geografis dalam sistem bumi (Ensiklopedia Britannica), sehingga menurut Alex  Kerios perubahan iklim merupakan subjek yang dibahas secara interdisiplineri (tidak hanya dari satu disiplin ilmu). 

Sedangkan yang dimaksud pemanasan global (yang nomor klasifikasinya digunakan juga untuk subjek perubahan iklim) merupakan peningkatan rata-rata temperatur atmosfer yang dekat dengan permukaan bumi dan di troposfer, yang dapat berkontribusi pada perubahan pola iklim global. Pemanasan global terjadi sebagai akibat meningkatnya jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer. Naiknya intensitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya gas dalam atmosfer yang menyerap sinar panas yaitu sinar infra merah yang dipancarkan oleh bumi menjadikan perubahan iklim global (Budianto, 2000). 

Oleh karena itu, pemanasan global merupakan salah satu alasan terjadinye perubahan iklim, sehingga subjek "perubahan iklimlebih luas jika dibandingkan dengan "pemanasan global". Oleh karenanya penggunaan nomor klasifikasi 363.73874 tentang pemanasan global untuk subjek “perubahan iklim” dirasa kurang tepat. 

Sekarang, setelah usulan tersebut disetujui, penggunaan nomor klasifikasi yang dirasa sesuai dengan subjek "perubahan iklim" yang dibahas secara interdisiplineri adalah nomor klasifikasi 363.7 dan jika subjek tersebut dibahas secara komprehensif  dengan disiplin ilmu pengetahuan alam maka nomor klasifikasi yang digunakan adalah 551.6.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Buku (1) DDC (1) Greenstone (1) Jurnal (6) Mendeley (3) Pendidikan (14) Perpustakaan (15) Puisi (1)

Recent Posts

Pengunjung