"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian" by Pramoedya Ananta Toer

Mendeley Bukan hanya Memudahkan Pengutipan dan Pembuatan Daftar Pustaka Saja!

Logo Mendeley

Mendeley Reference Manager (MRM) v2.12.0 secara resmi dirilis pada tanggal 05 September 2019, hadirnya versi tersebut, semakin mempertegas bahwa mendeley buka hanya tool untuk membantu mahasiswa, dosen dan peneliti dalam membuat kutipan dan daftar pustaka saja, seperti yang kebanyakkan orang ketahui tentang mendeley desktop selama ini yaitu untuk pengutipan dan pembuatan daftar pustaka. Pendapat tersebut tidak salah, namun dirasa kurang pas untuk menggambarkan kemampuan mendeley yang sebenarnya, yaitu dengan mendeley, dosen, mahasiswa dan peneliti bisa mengelola referensi yang akan digunakan dalam pembuatan karya ilmiah, mulai dari proses pengumpulan referensi sampai dengan pembuatan daftar pustaka.

Pada proses pengumpulan referensi, mendeley menyediakan ruang penyimpanan gratis di cloud sebesar 2 G. Dalam mengumpulkan dan menyimpan referensi di mendeley, pengguna bisa mengelompok dan mengumpulkan referensi dalam sebuah folder yang diberi nama sesuai dengan tema karya ilmiah yang sedang atau akan dikerjakan. Sehingga kecil kemungkinan referensi yang telah dikumpulkan tersebut hilang atau tercecer dimana-mana. Dalam proses pengumpulan referensi, mendeley menyediakan web importer guna memudahkan penggunanya dalam mengunduh data deskripsi bibliografi dan softfile artikel.

Setelah mengumpulkan referensi, proses selanjutnya adalah mempelajari referensi tersebut, pada proses ini, mendeley menyediakan menu “highlight” dan “anotasi” guna memudahkan pengguna dalam mempelajari referensi yang telah dikumpulkan tersebut. Dengan menu “highlight” tersebut, pengguna bisa memberikan tanda berwarna pada kalimat atau paragraf yang dirasa penting, selanjutnya dengan semua “anotasi”, pengguna bisa memberikan catatan guna menjelaskan makna dari setiap kalimat atau paragraf. Sehingga hal tersebut sangat memudahkan, karena biasanya pembuatan highlight dan anotasi dalam proses mempelajari referensi dilakukan secara manual.

Selanjutnya adalah proses pengutipan dan pembuatan daftar pustaka, dengan mendeley proses pengutipan dan pembuatan daftar pustaka menjadi lebih mudah. Untuk pengutipan dimendeley kita cukup meng-klik menu “references” kemudian “insert citation”.  Dan untuk membuat daftar pustakanya kita cukup meng-klik menu “insert bibliography”.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Buku (1) DDC (1) Greenstone (1) Jurnal (6) Mendeley (3) Pendidikan (14) Perpustakaan (15) Puisi (1)

Recent Posts

Pengunjung